Senin, 15 Juni 2015

CARA INSTALL WINDOWS 7 LENOVO ideapad S215

Lenovo IdeaPad S215 ini desainnya lumayan elegan dengan sudut-sudut tajam atau lancip seperti gaya Lenovo ThinkPad. Ketika Lenovo IdeaPad S215 dalam keadaan tertutup, tampilannya kotak dengan warna hitam. Casing Lenovo IdeaPad S215 ini terbuat dari bahan plastik dan yang menarik adalah tekstur unik di sekeliling casingnya, sehingga tidak licin. Dimensi laptop Lenovo IdeaPad S215 ini kecil dan ringan.
Usability Lenovo IdeaPad S215 secara umum sudah cukup baik karena dilengkapi dengan keyboard dan touchpad yang nyaman. Sama seperti laptop modern lainnya, Lenovo IdeaPad S215 ini dibekali dengan keyboard berdesain chicklet yang empuk dan nyaman digunakan untuk mengetik dalam waktu lama. Sedangkan touchpad Lenovo IdeaPad S215 cukup luas dan nyaman digunakan. Seperti biasa, di bawah touchpad terdapat dua tombol yang berfungsi sebagai klik kanan dan klik kiri.
Kinerja atau performa Lenovo IdeaPad S215 memang tak terlalu mengesankan karena spesifikasinya yang diusungnya hanya cocok untuk komputasi ringan, bermain game ringan, pokoknya yang ringan-ringan saja Smile with tongue out. Dapur pacu Lenovo IdeaPad S215 ini ditenagai oleh AMD APU (Accelerated Processing Unit) E1-2100 yang mengusung prosesor dual-core “Jaguar” berkecepatan 1GHz yang didukung oleh memori RAM sebesar 2GB dan dipadukan dengan pengolah grafis dari AMD Radeon HD 8210 yang terintegrasi dengan prosesor. AMD APU E1-2100 ini secara performa memang tak berbeda jauh dengan pendahulunya, AMD APU C60 yang juga sama-sama dual-core 1GHz.

Meski demikian, kemampuan Lenovo IdeaPad S215 ini masih cukup untuk komputasi sehari-hari, seperti Office, edit foto ringan, bermain game 3D ringan, browsing internet, game online, dan tugas-tugas lain yang relatif ringan. Lenovo IdeaPad S215 bisa dipake buat Autocad, editing video, atau render gak bos? Bisa ajah, cuma ente betah nggak nungguinnya? Smile with tongue out Prosesor AMD APU E1-2100 yang diusung oleh Lenovo IdeaPad S215 ini bisa dikatakan sekelas dengan Intel Atom, hanya saja AMD APU memiliki pengolah grafis yang lebih baik.
Rating WEI (Windows Experience Index), Lenovo IdeaPad S215 meraih skor yang tak terlalu tinggi, yakni 3,1 saja. Poin terendah di Lenovo IdeaPad S215 ini dicetak oleh prosesornya karena kinerjanya memang tak istimewa. Meski demikian, daya tahan baterai Lenovo IdeaPad S215 patut diacungi jempol. Saya menggunakan Lenovo IdeaPad S215 ini untuk browsing internet menggunakan modem dan mengetik, baterainya mampu bertahan hingga lebih dari 4 jam.

Kelebihan Lenovo IdeaPad S215 :

    Desain mirip ThinkPad, dimensi kecil dan ringan
    Daya tahan baterai mantap Smile
    Hard disk 500GB

Kekurangan Lenovo IdeaPad S215 :

    Kinerja prosesornya kurang powerfull
    Tidak dilengkapi dengan port VGA/D-Sub
Saat saya menginstal sistem operasi Windows 7 edition menggunakan external DVD portabel yang biasa saya pakai, ternyata ada masalah. Hard disk Lenovo IdeaPad S215 ini tidak terdeteksi. Saya pun langsung merestart laptopnya dan menuju Bios, disitu saya cari settingnya, dan saya lihat di Tab exit hanya ada windows 8. kemudian saya lanjutkan berselancar dan menemukan cara install windows 7 pada lenovo ideapad s215 dengan mengunakan flash disk. Akhirnya saya membuat USB installer Windows 7 dengan memanfaatkan flashdisk 8GB dan menggunakannya untuk instalasi di Lenovo IdeaPad S215, hasilnya? Sukses tanpa ada halangan suatu apapun Smile with tongue out. Pertanyaannya, mengapa instal pake hard disk portabel tidak bisa? Padahal hard disk tersebut yang biasa saya pake untuk instal ulang, memang aneh :mrgreen: Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. ah, jelk penjelasannya sebagai saran beikan penjelasan detail jikangeblogg

    BalasHapus
  2. gak jelas penjelasannya...

    BalasHapus

iki dofollow kang boss,,, monggo nek meh tapak tilas